Sabtu, 11 November 2017

Sajadah panjang

Mungkin judul artikel tentang sajadah kali ini lebih cocok kalo di kasih nama Sajadah panjang
Kami terinspirasi oleh sebuah bait lagu yang mungkin sekarang udah jarang kita dengarkan tentang sajadah.

Ada, sajadah panjang terbentang.......

Begitulah sepotong bait lagu yang dinyanyikan oleh grup kasidah dari Bandung “Bimbo, salah satu bait lagu sajadah panjang ini cukup tenar sejak pertama di luncurkan bahkan hingga kini tidak pernah bosan di dengarkan oleh para penggemar sajadah termasuk kami.

Pada mulanya saya bingung tidak paham, apa yang dimaksud dengan sajadah panjang,. ?
Lagu Qasidah atau juga Nasyid, sebagai sarana sosial untuk berdakwah menyampaikan sesuatu pesan liriknya sangat sarat dengan makna yang dikemas dalam bentuk kiasan dari situlah saya coba memahami maksud dari sajadah panjang itu.
Sajadah merupakan kiasan dari sarana ibadah , adapun panjang terbentang sarana itu bisa menembus tembok kantor, pertokoan, pasar, rumah dan segala hal, maknanya ibadah dapat kita lakukan di mana dan dalam kondisi apapun dengan sajadah tadi. Saat kita menjadi karyawan, buruh, penjaga toko atasan juga bawahan itu bisa kita jadikan sarana untuk beribadah kepada Allah swt, melalui sholat dengan beralaskan sajadah.

Ibadah , adalah semua perbuatan baik yang diniatkan semata-mata mencari ridha Allah , itulah ta’rif atau definisi yang disepakati mayoritas ulama. karena ibadah termasuk di dalamnya sujud di atas sajadah adalah sebuah pengabdian yang tulus dari seorang hamba sebagai wujud pengakuan akan kelemahannya, maka segala gerak dan aksinya ketika sujud di atas sajadah tak pernah lepas dari kepasrahan dan mengharap konpensasi dari penciptanya.

Sajadah panjang terhubung jauh ke setiap profesi, karena seorang muslim tak pernah membeda-bedakan aktivitas, selama itu baik, memberikan manfaat bagi dirinya, orang lain, dan tak pernah ada larangan menerapkannya, maka semua bisa diolah menjadi sarana ibadah kepada Allah swt.

Berbicara tentang Sajadah panjang,. Sudah sampai mana sajadah kita membentang, ataukah hanya baru sampai di masjid, lalu kita lipat dan membatasi hanya sekedar kepada ibadah ritual saja, sajadah tidak perlu ikut ke kantor, karena kita kawatir tidak bisa memanipulasi data, tidak boleh ikut ke toko karena kita kuwatir tidak bisa mengurangi takaran, timbangan dan ukuran, sajadah tak boleh membentang sampai ke proyek karena kuwatir tidak bisa menggelembungkan biaya proyek..

Ah !..sajadah cukup engkau membentang dalam ruangan masjid saja... Ohhh... Sajadah.. sungguh malang nasib mu sajadah. Padahal Allah swt berfirman dalam Al-Qur'an dan selalu perintahkan hambanya untuk sujud di atas sajadah dan selalu mengingat Allah

sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi. (QS 89;14)

#sajadah #sajadahbusa #sajadahsurabaya #sajadahsidoarjo #sajadahmojokerto #sajadahjombang #sajadahgresik #sajadahlamongan #sajadahmalang #sajadahmadura #sajadahpasuruan #sajadahbusasurabaya #sajadahbusasidoarjo #sajadahbusamojokerto #sajadahbusajombang #sajadahbusagresik #sajadahbusalamongan #sajadahbusamalang #sajadahbusamadura #sajadahbusapasuruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar